Banyak diantara kita sebagai user tidak mengetahui mengenai garansi laptop / Notebook / netbook yang kita beli di toko. pihak toko tau nya hanya menjual dan menjual yang penting barang nya laris manissss...,
Salah satu alasan kita mengapa membeli laptop yg baru adalah karena ada garansi nya. tp tidak kebayang jika laptop kita mengalami masalah disaat masih masa garansi, eehh ternyata di tolak oleh service centre nya. Wahhh suatu hal yang sangat menyulitkan pikiran knapa mesti ditolak, padahal masih garansi. ternyata eh ternyata garansi laptop tersebut adalah garansi negara lain, atau sering disebut PI (baca : Pi Ai) atau garansi toko.
PI adalah singkatan dari Paralel Importir, yang pengertiannya kurang lebih adalah pihak toko yg ada di indonesia membeli barang di luar negeri & menjualnya di negri sendiri. misalnya : Pemilik toko di Medan membeli laptop ke malaysia lalu membawanya ke Medan dan menjualnya. may be mereka beli laptop di negara lain mendapat harga yg lebih murah. nah jadi mereka jual dinegri sendiri dengan hrga yang sama bahkan ada juga yg banting harga lebih murah. hal ini mengakibatkan pembeli akan lebih banyak mengincar laptop dengan harga yg lebih murah.
Lalu bagaimana caranya agar kita bisa mengetahui mana garansi yg resmi Indonesia dan mana yg enggak...????
Saya akan memberikan Tips kepada anda :
- Tanyakan kepada Pihak toko, Apakah Laptop ini benar2 bergaransi resmi Indonesia.
- Cek di situs ini Acer Warranty . masukkan serial Number yg ada di belakang Laptop anda yang dimulai dari "LX............dst" nah ntr data laptop anda akan terlihat apakah resmi indonesia atau tidak.
- atau Hubungi Acer Customer Service Center, tanyakan apakah serial number laptop yg anda pilih itu bergaransi resmi atau tidak.
Post By. Tengku Hendra Ibrahim